SULLY (2016): Movie + IMAX 2D Review

film_review_sully-22884

VERDICT: Minimalis, tetapi begitu mengesankan, Clint Eastwood membangun intensitas film Sully melalui eksekusi yang realistis dan performa luar biasa Tom Hanks yang diabadikan dengan tata sinematografi yang berani.  70 


sully-movie-2016-tom-hanks-aaron-eckhart

MOVIE: 3.5/5
Sebagai film pertama dalam sejarah sinema yang seluruh adegannya difilmkan dengan kamera IMAX, Sully mungkin terlihat terlalu sederhana dan minimalis. Tetapi sejak awal, sutradara Clint Eastwood memang tak pernah mendorong Sully untuk menjadi film visual spectacles. Beliau memanfaatkan kamera IMAX untuk memberikan tontonan bernyawa yang sangat intens dan realistis yang tidak akan bisa kalian temukan di layar reguler. Melalui film ini pula, Tom Hanks kembali membuktikan bahwa ia adalah aktor yang luar biasa. Di balik aktingnya yang understated itu, penonton bisa memahami apa yang dialami dan dipikirkan Sully hanya lewat ekspresi wajah dan gerak-geriknya.

 

ABOUT IMAX EXPERIENCE
Sully hanya tersedia dalam format IMAX 2D.
sully-aspect-ratio

ASPECT RATIO: 1.90:1 (Full Screen)

Hampir seluruh adegan Sully difilmkan dengan kamera IMAX, sehingga otomatis gambar film akan memenuhi seluruh sudut layar IMAX.

 

SOUND: 5/5

Sully meminimalisir penggunaan skor dan menggantinya dengan tata suara yang sangat detil dan tajam yang sanggup menyulap adegan apapun di layar menjadi sangat realistis dan menegangkan. Kami tidak akan terkejut apabila film ini berhasil mendapat nominasi Oscar untuk best sound editing.

 sully-6

THE IMAX EXPERIENCE: 4/5

Sully adalah sebuah cinematic event tersendiri bagi kalangan pecinta film dan Premium Large Format enthusiast, karena film ini adalah film pertama di sepanjang sejarah sinema yang hampir seluruh adegannya difilmkan dengan menggunakan kamera IMAX (hanya ada dua adegan yang menggunakan kamera biasa yaitu ketika Sully mengingat masa-masanya sebagai pilot pesawat tempur, dan adegan tambahan di tengah kredit).
 
Sutradara Clint Eastwood telah membuat pilihan yang sangat berani untuk memfilmkan Sully dengan kamera IMAX, terlebih karena film ini lebih banyak drama daripada adegan kecelakaan pesawatnya, yang apabila ditotal, hanya berdurasi sekitar 15-20 menit. Tetapi di sinilah letak keistimewaan Sully. Berbeda dengan film-film IMAX kebanyakan, Clint Eastwood memanfaatkan layar besar dan kamera IMAX yang dapat merekam gambar lebih banyak untuk membangun intensitas film yang sangat realistis dan membuat penonton seolah-olah berada di tengah perdebatan dan trauma berat karakter Sully akibat kecelakaan yang menimpanya itu. Mungkin pada awalnya kalian akan bertanya-tanya, untuk apa menyaksikan film drama di IMAX, tetapi coba alamilah sendiri, watching Sully in IMAX is truly a magical and unique cinematic experience unlike any others.